Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Terbaru Rute KRL Commuter Line Jabodetabek

Rute KRL Commuter Line

Halo teman-teman, masih ada yang penasaran dengan rute terbaru dari KRL Commuter Line khususnya di Jabodetabek? Pastinya banyak dari kalian yang ingin mengetahui informasi terbaru tentang rute yang bisa kalian gunakan untuk bepergian naik KRL Commuter Line. Nah, artikel ini akan memberikan informasi terbaru mengenai rute yang bisa kalian gunakan waktu naik KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek.

Kalian sudah sering dengar kabar kalau KRL Commuter Line Jabodetabek itu adalah salah satu angkutan kereta yang sangat populer di Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek. Gak hanya memudahkan akses transportasi publik, KRL Commuter Line Jabodetabek juga menawarkan berbagai macam rute dengan harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat.

Suasana di Peron 12 Stasiun Manggarai

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk memberikan informasi terbaru mengenai rute-rute terbaru yang bisa kalian gunakan waktu naik KRL Commuter Line Jabodetabek.

Jangan khawatir, informasi yang kami berikan di sini sangat lengkap dan akan membantu kalian untuk menemukan rute-rute terbaru yang bisa kalian gunakan. Selain itu, artikel ini juga dilengkapi dengan beberapa tips dan trik agar kalian bisa memanfaatkan KRL Commuter Line Jabodetabek dengan lebih efisien.

Jadi, terus simak artikel ini ya!

Perkenalan tentang KRL Commuter Line Jabodetabek

Sebelum kita lihat rute terbarunya, gak ada salahnya kita lihat juga sejarah KRL Commuter Line yang ada di wilayah Jabodetabek.

Sejarah KRL Commuter Line Jabodetabek

Kamu tau gak sih, bahwa KRL Commuter Line Jabodetabek sudah ada sejak lama banget? 

Nah, jadi KRL Commuter Line ini adalah layanan kereta rel listrik yang melayani rute di wilayah Jakarta dan sekitarnya, lho. KRL ini dioperasikan sama PT Kereta Commuter Indonesia, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia.

Gak heran kalau KRL Commuter Line ini jadi salah satu moda transportasi andalan buat para penduduk Jabodetabek dan sekitarnya.

KRL Commuter Line Jabodetabek sudah beroperasi sejak tahun 1925, loh.

Wah, udah lama banget ya.

Gak cuma di Jabodetabek, KRL Commuter Line juga melayani rute ke Yogyakarta dan Solo. Dulu, KRL Commuter Line ini dikenal dengan nama KRL Jabotabek. Nama itu dipake dari tahun 1970-an sampai Depok jadi Kotamadya pada tahun 1999 dan ganti nama jadi KRL Jabodetabek.

KRL Commuter Line relasi Stasiun Bogor - Jakarta Kota

Pada tahun 2011, PT KAI bikin anak perusahaan baru bernama PT Kereta Commuter Indonesia buat mengelola KRL Commuter Line. Tujuannya biar bisa mengelola KRL Commuter Line secara mandiri. 

Pada tahun 2013, KRL Commuter Line berganti nama menjadi KRL Commuter Line buat menyesuaikan dengan perkembangan jaringan dan pelayanan. Keren ya!

KRL Commuter Line Jabodetabek memang jadi pilihan favorit buat banyak orang yang butuh transportasi andalan. Apalagi, dengan adanya KRL Commuter Line, gak cuma lebih cepat dan nyaman, tapi juga bisa menghindari macet yang bikin bete. Jadi, buat kamu yang masih ragu buat coba naik KRL Commuter Line, yuk, cobain deh. Siapa tahu jadi suka juga.

Jangan lupa juga baca Panduan Naik KRL Commuter Line ini yang bisa bikin kamu tambah aman dan nyaman.

Layanan dan fasilitas yang disediakan

KRL Commuter Line punya banyak fasilitas dan layanan yang bakal bikin perjalanan kamu semakin nyaman.

Ada satu nih yang bakal bikin kamu lebih mudah untuk mengecek jadwal dan melacak kereta. Yap, itu dia aplikasi KAI Commuter yang bisa kamu unduh di Play Store. Nama aplikasinya adalah C-Access. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kci.access

Dengan aplikasi ini, kamu bisa tahu kapan kereta datang dan menentukan jadwal perjalanan kamu dengan mudah. 

Gak cuma itu, di semua KRL Commuter Line juga sudah tersedia AC, jadi kamu bisa lebih nyaman selama perjalanan.

Terus ada Kartu Multi Trip (KMT) juga, yang bisa kamu beli di loket stasiun KRL dan lokasi lain yang sudah bekerjasama dengan PT KCI.

Kartu Multi Trip (KMT) yang bisa dipakai naik KRL Commuter Line

KMT ini juga bisa kamu pakai di moda transportasi lain seperti bus TransJakarta, MRT dan nantinya juga bisa buat naik LRT.

Dengan KMT, kamu bisa lebih praktis dan hemat saat naik KRL Commuter Line.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan KRL Commuter Line Jabodetabek

Naik KRL Commuter Line Jabodetabek memang menjadi pilihan transportasi umum yang populer bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Selain harganya yang relatif murah dibandingkan dengan kendaraan pribadi, KRL Commuter Line juga punya beberapa kelebihan yang patut kamu perhatikan.

Salah satu kelebihan KRL Commuter Line adalah kecepatannya. KRL Commuter Line itu punya  jalur khusus dan keberangkatan yang terjadwal sehingga bisa mendukung penumpang bisa bebas dari kemacetan.

Selain itu, KRL Commuter Line juga menawarkan kenyamanan yang cukup baik. Penumpang dapat menikmati fasilitas seperti AC, CCTV, tempat duduk yang nyaman, pengumuman suara dan visual, pintu otomatis dan layanan informasi yang memudahkan perjalanan.

Suasana di dalam KRL Commuter Line Bogor - Jakarta Kota

Tapi, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan naik KRL Commuter Line. Salah satu kekurangannya adalah sering terjadi gangguan teknis seperti kerusakan rel atau sinyal, yang mengakibatkan keterlambatan atau pembatalan perjalanan.

Selain itu, jumlah penumpang yang terus meningkat juga menjadi masalah, karena KRL Commuter Line masih kurang mampu menampung jumlah penumpang yang banyak sehingga sering terjadi kepadatan dan kesulitan untuk naik atau turun dari kereta.

Gak aneh di kalangan anak kereta ada istilah ‘pepes’. Ini satu kondisi di mana penumpang di dalam kereta penuh banget berdempetan sampai gak bisa bebas bergerak.

Maka dari itu, sebelum memutuskan naik KRL Commuter Line, pastikan untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangan yang ada. Meski memiliki beberapa kekurangan, KRL Commuter Line tetap menjadi pilihan transportasi umum yang efisien dan dapat diandalkan bagi masyarakat Jabodetabek dan sekitarnya.

Info terbaru rute KRL Commuter Line Jabodetabek

Menurut peta rute KRL 2023 terbaru, KAI Commuter Line memiliki 5 rute utama, yaitu:

  1. Lin Bogor (Jakarta Kota – Bogor/Nambo)
  2. Lin Lingkar Cikarang (Jatinegara – Manggarai – Cikarang)
  3. Lin Rangkasbitung (Tanah Abang – Rangkasbitung)
  4. Lin Tanjung Priok (Jakarta Kota - Tanjung Priok)
  5. Lin Tangerang (Duri – Tangerang)

Rute KRL ini sudah mengalami perubahan yang sangat signifikan pada 28 Mei 2022 dengan pelaksanaan switch-over yang ada di Stasiun Manggarai.

Peta Rute Terbaru KRL Commuter Line Jabodetabek

Sekarang ini sudah tidak ada lagi KRL relasi Bogor - Tanah Abang - Jatinegara.

Selanjutnya, kita sama-sama lihat stasiun apa saja yang dilewati di masing-masing rute perjalanan KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek.

Jalur Merah (Bogor - Jakarta Kota Pp)

Bogor - Cilebut - Bojong Gede - Citayam - Depok - Depok Baru - Pondok Cina - Univ. Indonesia - Univ. Pancasila - Lenteng Agung - Tanjung Barat - Pasar Minggu - Pasar Minggu Baru - Duren Kalibata - Cawang - Tebet - Manggarai - Cikini - Gondangdia - Juanda - Sawah Besar - Mangga Besar - Jayakarta - Jakarta Kota.

Di jalur ini juga ada relasi Nambo - Jakarta Kota Pp.

Nambo - Cibinong - Citayam - Depok - Depok Baru - Pondok Cina - Univ. Indonesia - Univ. Pancasila - Lenteng Agung - Tanjung Barat - Pasar Minggu - Pasar Minggu Baru - Duren Kalibata - Cawang - Tebet - Manggarai - Cikini - Gondangdia - Juanda - Sawah Besar - Mangga Besar - Jayakarta - Jakarta Kota.

Jalur Biru (Jatinegara – Manggarai – Cikarang Pp)

Cikarang - Metland Telaga Murni - Cibitung - Tambun - Bekasi Timur - Bekasi - Kranji - Cakung - Klender Baru - Buaran - Klender - Jatinegara - Matraman - Manggarai - Sudirman - BNI City - Karet - Tanah Abang - Duri - Angke - Kampung Bandan - Rajawali - Kemayoran - Pasar Senen - Gang Sentiong - Kramat - Pondok Jati - Jatinegara

Stasiun Jatinegara termasuk salah satu bangunan cagar budaya

Jalur Hijau (Tanah Abang - Rangkasbitung Pp)

Tanah Abang - Palmerah - Kebayoran - Pondok Ranji - Jurang Mangu - Sudimara - Rawa Buntu - Serpong - Cisauk - Cicayur - Parung Panjang - Cilejit - Daru - Tenjo - Tigaraksa - Cikoya - Maja - Citeras - Rangkasbitung

Jalur Pink (Jakarta Kota - Tanjung Priok Pp)

Jakarta Kota - Kampung Bandan - Ancol - Tanjung Priok

Jalur Coklat (Duri - Tangerang Pp)

Duri - Grogol - Pesing - Taman Kota - Bojong Indah - Rawa Buaya - Kali Deres - Poris - Batu Ceper - Tanah Tinggi - Tangerang

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan tentang info rute terbaru KRL Commuter Line Jabodetabek, teman-teman!

Melalui artikel ini, kita juga sudah membahas bersama-sama mengenai kelebihan dan kekurangan dari menggunakan KRL Commuter Line Jabodetabek, serta beberapa progres pembangunan rutenya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan KRL Commuter Line Jabodetabek memiliki banyak manfaat, seperti kecepatan, kenyamanan, dan harga yang terjangkau dibandingkan dengan kendaraan pribadi atau angkutan lainnya.

Selain itu, KRL Commuter Line Jabodetabek juga menyediakan berbagai fasilitas yang memadai, seperti kereta ber-AC, CCTV, dan toilet bersih, yang pastinya akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan.

Jadi, tunggu apalagi, teman-teman? Yuk, mulai sekarang, kita naik KRL Commuter Line Jabodetabek!

Post a Comment for "Info Terbaru Rute KRL Commuter Line Jabodetabek"