Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Naik KRL Commuter Line di Musim Hujan

Hujan deras di Stasiun Manggarai

Halo,teman-teman! Siapa sih yang gak pernah merasakan kesulitan Waktu bepergian di musim hujan, terutama kalau menggunakan transportasi umum seperti KRL Commuter Line? Bagaimana supaya perjalanan tetap nyaman dan aman di tengah cuaca yang tak menentu? Nah, artikel kali ini kami akan memberikan tips bepergian naik KRL Commuter Line di musim hujan yang bisa kamu coba.

Cuaca hujan bisa menjadi tantangan tersendiri waktu kamu harus berangkat ke kantor atau tempat lain. Namun, dengan persiapan yang matang dan tips yang tepat, kamu tetap bisa bepergian dengan nyaman dan aman menggunakan KRL Commuter Line di musim hujan. Yuk, simak tips-tipsnya di bawah ini!

Tips Bepergian Naik KRL Commuter Line di Musim Hujan

Musim hujan selalu membawa dampak bagi perjalanan kita, khususnya saat naik KRL Commuter Line. Sering kali hujan bikin kita mager alias malas gerak, gak mau beranjak kemana-mana.

So, jangan biarkan hujan mengganggu aktivitas kamu ya.

Berikut beberapa tips buat kamu yang ingin tetap bepergian naik KRL Commuter Line di musim hujan yang nyaman dan aman.

Dimulai dengan...

1. Sedia Masker Cadangan

Sampai dengan artikel ini kami buat, kewajiban memakai masker tetap berlaku di KRL Commuter Line. Lagi pula, anak kereta itu sebagian besar sudah terbiasa pakai masker kok. Sebelum pandemi saja kami sering kali menjumpai teman-teman anker yang memakai masker sewaktu bepergian menggunakan KRL.

Di musim hujan, sebaiknya kamu selalu sediakan masker cadangan ketika bepergian dengan KRL Commuter Line. Masker itu bisa membantu melindungi diri dari kuman dan polusi udara. Pastikan juga kamu memilih masker yang nyaman dan sesuai dengan ukuran wajah.

Memakai masker yang basah karena kehujanan pastinya sangat-sangat tidak nyaman apalagi ketika naik KRL.

Jadi sebaiknya kamu selalu membawa masker cadangan di dalam tas.

Kedua...

2. Selalu Sedia Payung

Seperti peribahasa, "Sedia payung sebelum hujan."

Kalau di dalam konteks ini, sedia payung sewaktu mau naik KRL Commuter Line di musim hujan sangat penting.

Dengan memakai payung, kamu dapat melindungi diri dari hujan dan tetap kering. Pastikan memilih payung yang kuat, tidak mudah putus dan juga gampang disimpan di dalam tas.

Memang buat sebagian orang membawa payung itu agak merepotkan apalagi buat para cowok yang sering banget ogah bawa benda yang satu ini. Payung ini akan berguna sewaktu kamu mau masuk ke dalam area stasiun dari tempat parkir motor atau juga keluar stasiun mau melanjutkan naik moda transportasi yang lain seperti bus TransJakarta misalnya.

Tapi kalau misalnya kamu lagi gak bawa payung, jangan khawatir biasanya di stasiun-stasiun itu selalu ada bocil ojek payung yang menawarkan jasanya sewaktu hujan.

3. Bawa Jas Hujan

Buat kamu yang gak mau ribet bawa payung, membawa jas hujan sewaktu bepergian dengan KRL Commuter Line di musim hujan juga sangat penting.

Jas hujan bisa melindungi diri dari hujan dan barang bawaan seperti tas ransel kamu. Pastikan memilih jas hujan yang nyaman dan mudah dipakai.

Potensi kamu kena hujan itu adalah sewaktu masuk atau keluar area stasiun. Buat kamu yang memakai tas jenis ransel, membawa bungkus tas yang anti air adalah sebuah keharusan.

4. Cuci Tangan dan Gunakan Handsanitizer

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer sebelum dan sesudah bepergian dengan KRL Commuter Line di musim hujan.

Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran kuman dan virus.

Sejak pandemi, kamu pastinya lebih rajin mencuci tangan kan ya. Fasilitas cuci tangan ini disediakan oleh PT Kereta Commuter Indonesia di setiap stasiun.

5. Cek Informasi Prakiraan Cuaca Sebelum Bepergian

Ini yang gak kalah penting.

Pastikan untuk selalu memeriksa informasi prakiraan cuaca sebelum bepergian dengan KRL Commuter Line di musim hujan.

Kamu dapat memantau informasi cuaca melalui aplikasi cuaca atau situs web resmi.

Bukanlah hal yang sulit sekarang ini buat mencari informasi prakiraan cuaca.

Setuju kan?!

6. Rutin Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu perlu rutin mengonsumsi vitamin dan suplemen yang dianjurkan. Hal ini dapat membantu tubuh kamu tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang sering muncul di musim hujan.

7. Hati-hati melangkah sewaktu naik dan turun KRL

Kamu haruslah berhati-hati sewaktu mau naik atau turun dari KRL di kondisi hari sedang hujan. Kondisi peron yang basah dan licin bisa mengakibatkan kalian terpeleset. So, berhati-hatilah melangkah.

Kalau dalam kondisi hujan, petugas di dalam kereta pun akan memberitahukan pengumuman dan mengingatkan penumpang untuk berhati-hati terutama sewaktu mau turun dari KRL. 

8. Berteduh di tempat yang aman dan nyaman

Sering kali, kami menjumpai hujan yang sangat deras turun tiba-tiba sewaktu kami baru saja turun dari KRL.

Kalau kondisi seperti ini jangalah memaksakan diri untuk keluar dari area stasiun.

Lebih baik kamu mencari tempat berteduh yang aman dan nyaman di dalam area stasiun sembari menimati segelas minuman hangat atau juga se-cup mie instan.

Penutup

Sudah selesai membaca tips bepergian naik KRL Commuter Line di musim hujan? Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Ingatlah bahwa bepergian di musim hujan memang seringkali membutuhkan persiapan lebih, namun dengan menerapkan tips yang telah disampaikan di artikel ini, kalian akan merasa lebih nyaman dan aman dalam perjalanan.

Yang perlu kamu perhatikan dan antisipasi adalah potensi gangguan KRL Commuter Line di waktu hujan deras dan disertai petir. Gangguan keterlambatan yang sering terjadi adalah rel yang terendam air, gangguan listrik dan juga adanya pohon tumbang yang menghalangi rel.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kalian, terutama di musim hujan ini. Rutinlah mengkonsumsi vitamin dan suplemen yang dibutuhkan, serta selalu memperhatikan kebersihan tangan dan menggunakan masker dengan benar.

Selalu berhati-hati selama perjalanan ya!

Post a Comment for "Tips Naik KRL Commuter Line di Musim Hujan"